Kamis, 22 Desember 2011

Langkah-Langkah Pemaketan Data pada OS Centos

PEMAKETAN DATA
-    1. Langkah pertama, kita login ke Centos dengan username root. Kemudian kita buat file dengan perintah Cat atau editor Vi.
 Contoh : vi belajar(dengan editor  Vi), atau  Cat >>belajar(dengan perintah Cat).
-  2. Setelah itu kita paketkan filenya dengan perintah tar –cf namapaket.tar  namafile.
Contoh : tar –cf belajarlagi.tar belajar
-  3. Kemudian ekstensi file akan berubah menjadi belajarlagi.tar . Untuk mengekstak file tar kita gunakan  perintah tar –xvf namapaket.tar.
Contoh: tar –xvf belajarlagi.tar
-  4. Jika ingin menambahkan file lain dalam folder yang akan dikirim. Misalnya pada folder linux.tar., maka perintahnya : tar –rf namapaket.tar namafile.
Contoh : tar –rf linux.tar latihan.tar
-  5. Untuk melihat isi file dari paket data tadi, kita gunakan perintah : tar –tvf namapaket.tar. Contoh : tar –tvf belajarlagi.tar
-  6. File tar tadi kemudian kita kompres dengan perintah gzip namafile.
Contoh: gzip belajarlagi.tar. Kemudian ekstensinya akan menjadi belajarlagi.tar.gz.
-  7. Kalo ingin mengekstrak file Gzip menggunakan perintah gunzip namafile.zip.
contoh : gunzip belajarlagi.tar.gz.
 
PENGIRIMAN DATA
-     1. File yang tadi sudah kita paketkan datanya dan dikompres, akan kita kirim ke komputer lain, misalnya computer user5.  Dengan menggunakan perintah scp namafile IPtujuan/hostname:/direktori penyimpanan.
Contoh : scp belajarlagi.tar.gz 150.160.70.5:/home/tugas (/home/tugas maksudnya direktori pada user 5 dimana disimpan data yang dikirim)
-   2. Apabila data yang ingin kita kirim adalah suatu folder, maka perintahnya adalah : scp –r namafolder IPtujuan/hostname:/direktori penyimpanan.contoh : misalnya folder yang ingin kita kirim adalah linux, sebelumnya kita paketkan dulu foldernya dengan perintah tar dan gzip.(langkahnya sama seperti di atas) menjadi linux.tar.gz.
Maka perintahnya seperti ini : scp –r linux.tar.gz 150.160.70.5:/home/tugas
-   3. Jika data yang ingin kita kirim lebih dari 2, maka perintahnya : scp namafile1 namafile2 namafile-n IPaddress/hostname:/direktori penyimpanan.
contoh: scp tugas1.tar.gz tugas2.tar.gz 150.160.70.5:/home/tugas
 
Selamat Mencoba...:-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar